Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Bagaimana Melupakan Masa Lalu yang Menyakitkan, dan Fokus Pada Masa Sekarang?


السؤال

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

كيف ينسى الإنسان ماضيه المؤلم، ويلزم التركيز على الحاضر؟

Pertanyaan :

Bagaimana melupakan masa lalu yang menyakitkan, dan fokus pada masa sekarang?

الإجابــة

بسم الله الرحمن الرحيم

الأخ الفاضل/ محمد حفظه الله.

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته، وبعد:

Jawaban :

Saudaraku yang mulia (penanya)

نسيان الماضي المؤلم والتركيز على الحاضر يتطلب اهتماماً وجهوداً نفسية وعملية، إليك بعض النصائح التي قد تساعدك في ذلك:

Melupakan masa lalu yang menyakitkan dan berfokus pada masa sekarang memerlukan perhatian serta upaya yang kuat  dari jiwa. Berikut beberapa tips yang mungkin dapat membantumu dalam hal tersebut :

أولاً: النظر إلى الجانب الإيجابي في كل ما يمر بك في الحياة، هذا يساعدك على تجاوز هذه الآلام، وتحويلها إلى تجارب تتعلم منها لتصبح نجاحات مستقبلية.

Pertama: Melihat sisi positif dari segala sesuatu yang engkau alami dalam hidup, hal ini akan membantumu agar terlepas dari bayang-banyang menyakitkan masa lalu serta merubahnya menjadi pengalaman berharga untuk kesuksesan masa depan.

ثانياً: إعادة تقييم الأفكار السلبية وأسباب الوقوع فيها، ووضع خطط عملية لعدم تكرارها.

Kedua: Evaluasi kembali pikiran negatif dan alasan terjerumus ke dalamnya, dan kembangkan rencana praktis untuk mencegahnya terulang kembali.

ثالثاً: تحديد الأهداف، ركز على وضع أهداف قصيرة وطويلة المدى، والعمل على تحقيقها، هذا يساعد في توجيه انتباهك نحو المستقبل، وشغل قلبك ببناء نفسك.

Ketiga: Menetapkan tujuan, fokus pada penetapan tujuan jangka pendek dan jangka panjang, dan berupaya mencapainya. Hal ini akan membantumu mengarahkan perhatianmu ke masa depan, dan menyibukkan hati dengan membangun diri sendiri.

رابعاً: العناية بالنفس، فتهتم بصحتك الجسدية والعقلية من خلال ممارسة الرياضة، والابتعاد عن الدخول في حالات التوتر والقلق قدر الإمكان، أو الاسترسال في التفكير بالماضي.

Keempat: Berupaya dengan jiwa, menjaga kesehatan fisik dan mental dengan berolahraga, sebisa mungkin menghindari situasi stres dan perasaan cemas, atau memikirkan masa lalu.

خامساً: أشغل نفسك بأنشطة تحبها وتستمتع بها، وتعود عليك بالفائدة، سواء كانت هوايات، تطوعًا، أو حفظ القرآن، أو طلب العلم، أو تنمية مهارات مختلفة.

Kelima: Menyibukkan diri dengan kegiatan-kegiatan yang engkau sukai dan nikmati, bermanfaat bagimu, baik itu hobi, kegiatan sosial, menghafal Al-Qur’an, belajar ilmu, atau mengembangkan berbagai keterampilan.

أخي الكريم: عليك أن تقوّي صلتك بالله، فتكثر من الدعاء والأعمال الصالحة، وتحيط نفسك بالصحبة الصالحة، كل هذا يشغل عقلك وقلبك عن التفكير بالماضي، ويجعلك تبني وتزكي نفسك.

Saudaraku yang mulia : Engkau harus memperkuat hubunganmu dengan Allah, sering-seringlah berdoa dan berbuat baik, dan kelilingi dirimu dengan pergaulan yang baik. Semua ini akan mengalihkan pikiran dan hatimu dari memikirkan masa lalu, dan membuatmu membangun diri dan menyucikannya.

وفقك الله وسددك للخير.

Disusun oleh : Ustadz Abu Umaimah Ridho Handika (Dewan Syariah Lensaislam.com)
Editor : Abu Isa Karim Deli 

Referensi : Islamweb.net

Dukung Lensaislam.com dengan menjadi SPONSOR dan DONATUR.

  • REKENING DONASI : BANK JAGO SYARIAH 502891665514 a.n. LENSAISLAMCOM
  • KONFIRMASI DONASI hubungi: 0819-4779-1352
Baca Juga

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Below Post Ad

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram Lensaislam.com, Klik : WA Grup & Telegram Channel

Copyright © 2023 - Lensaislam.com | All Right Reserved