Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Setelah Berkuasa Selama 15 Tahun, PM Bangladesh Sheikh Hasina Tiba-tiba Mundur, Militer Ambil Alih Kekuasaan

Lensaislam.com : PM Bangladesh Sheikh Hasina akhirnya mengundurkan diri pada Senin (5/8/2024), setelah negaranya diguncang protes anti-pemerintah besar-besaran sejak awal Juli lalu. Pengunduran diri Hasina telah dikonfirmasi oleh Panglima Militer Bangladesh, Waker-Uz-Zaman. Sejak awal bulan lalu, Hasina telah berusaha memadamkan protes nasional terhadap pemerintahannya.

Panglima Angkatan Darat Jenderal Waker-Uz-Zaman mengumumkan pengunduran diri Hasina dalam pidato yang disiarkan televisi kepada rakyat dan mengatakan pemerintahan sementara akan dibentuk.

Laporan media mengatakan Hasina, 76 tahun, diterbangkan dengan helikopter militer bersama saudara perempuannya dan sedang menuju India. Saluran televisi CNN News 18 mengatakan dia telah mendarat di Agartala, ibu kota negara bagian Tripura di timur laut India, melintasi perbatasan timur Bangladesh.

Bangladesh telah dilanda protes dan kekerasan setelah protes mahasiswa bulan lalu terhadap kuota reservasi dalam pekerjaan pemerintah meningkat menjadi kampanye untuk menggulingkan Hasina, yang memenangkan masa jabatan keempat berturut-turut pada bulan Januari dalam pemilihan yang diboikot oleh oposisi. Sheikh Hasina diketahui telah berkuasa selama 15 tahun.

Sekitar 250 orang tewas dan ribuan lainnya terluka akibat kekerasan tersebut.

Panglima Angkatan Darat Zaman mengatakan dia telah mengadakan pembicaraan dengan para pemimpin semua partai politik besar yang dia "undang" dan akan segera bertemu Presiden Mohammed Shahabuddin untuk membahas langkah selanjutnya.

"Negara ini sedang mengalami masa revolusi," kata Zaman, 58 tahun, yang baru menjabat sebagai panglima militer pada 23 Juni seperti dilansir dari Reuters, Senin, (5/8/2024).

"Saya berjanji kepada kalian semua, kami akan menegakkan keadilan atas semua pembunuhan dan ketidakadilan. Kami meminta kalian untuk percaya kepada tentara negara ini. Saya bertanggung jawab penuh dan saya jamin kalian tidak akan patah semangat," katanya.

"Saya meminta kalian semua untuk bersabar sedikit, beri kami waktu dan bersama-sama kita akan dapat menyelesaikan semua masalah," kata Zaman. "Jangan kembali ke jalan kekerasan dan kembalilah ke jalan damai dan tanpa kekerasan."

Tayangan televisi menunjukkan ribuan orang turun ke jalan-jalan di ibu kota Dhaka dengan gembira dan meneriakkan slogan-slogan. Ribuan orang juga menyerbu kediaman resmi Hasina, 'Ganabhaban', meneriakkan slogan-slogan, mengepalkan tangan, dan menunjukkan tanda-tanda kemenangan.

Kerumunan orang memadati ruang tamu kediaman tersebut, dan beberapa orang terlihat membawa pergi televisi, kursi, dan meja dari salah satu bangunan yang paling dilindungi di negara tersebut.

"Dia telah meninggalkan negara ini, meninggalkan negara ini," teriak demonstran.

Para pengunjuk rasa di Dhaka juga memanjat atas patung besar pemimpin kemerdekaan Sheikh Mujibur Rahman, ayah Hasina, dan mulai memahat kepalanya dengan kapak, seperti yang terlihat dalam rekaman visual. ***

Sumber : Reuters | Weblink : https://www.reuters.com/world/asia-pacific/bangladesh-protesters-call-march-dhaka-defiance-curfew-2024-08-05/

Redaktur : Hermanto Deli | Indonesian Islamic News Agency (IINA)

Baca Juga

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Below Post Ad

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram Lensaislam.com, Klik : WA Grup & Telegram Channel

Copyright © 2023 - Lensaislam.com | All Right Reserved