Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Deklarasi Calon Walikota Bekasi Pakai 'Baiat' dan Ancam 'Azab Allah' Bagi yang Melanggar



Kota Bekasi, Lensa Islam - Calon Walikota Bekasi Tri Adhianto membuat geger warga Kota Bekasi. Beredar luas di grup-grup WhatsApp, video yang menunjukkan dirinya memimpin proses semacam sumpah belasan warga yang diduga dari Forum Komunikasi Rukun Warga (FKRW) Kelurahan Kaliabang Tengah.

Yang membuat geger adalah dalam rekaman berdurasi 2 menit 28 detik tersebut, ada kata-kata siap mendapatkan azab dari Allah SWT jika para pengurus RW dan kader kelurahan tersebut melanggar janji.

"Apabila saya melanggar janji, maka saya akan siap menerima azab dari Allah SWT," ujarnya pada menit 1.30.

Pernyataan ini bukan hanya mengundang kecaman, tetapi juga memicu pertanyaan serius tentang etika dan strategi kampanye yang digunakan.

Penggunaan agama dalam konteks ancaman ini dinilai telah melewati batas dan berpotensi melanggar aturan kampanye yang berlaku.

Salah seorang warga Kaliabang Tengah yang tidak mau disebutkan namanya, menanggapi hal yang dilakukan Tri Adhianto mengerikan dan jauh dari rasa pilkada yang sejuk.

Ia menyebut ini memicu kecaman luas dan dianggap sebagai bentuk intimidasi dan politik identitas yang sangat tidak terpuji.

"Azab itu nggak main-main lho. Jelas ini mengerikan, pasti ada pengurus RW yang takut dengan pernyataan Azab ini tapi dia juga takut dengan intimidasi dan ancaman kedepannya. Apakah ini cara seorang pemimpin membangun kepercayaan?  Atau justru menakut-nakuti rakyat demi meraih kekuasaan?" tanya warga tersebut.

Tindakan Tri Adhianto ini patut dipertanyakan dan menjadi sorotan tajam dari publik Kota Bekasi.

"Pilkada Kota Bekasi seharusnya menjadi ajang demokrasi yang bersih, bukan ajang intimidasi dan ancaman. Apalagi menyangkut agama tertentu," pungkasnya.

Sementara itu, Direktur Eksekutif Etos Indonesia Institute, Iskandarsyah menilai bahwa pernyataan sikap dari sekelompok masyarakat yang menyatakan sumpah dan janjinya siap mendukung pasangan Tri Adhianto-Harris Bobihoe merupakan tindakan yang berlebihan. Terlebih ada kata-kata jika sekelompok masyarakat itu melanggar janji maka siap menerima azab dari Allah SWT.

“Seharusnya bukan masyarakat yang disumpah, justru sebaliknya, bahwa calon pemimpin itu sendiri yang harus diambil sumpahnya. Seperti jika calon pemimpin tersebut tidak amanah maka ia harus siap menerima azab dari Allah Subhanahu Wata’ala,” ujar Iskandar kepada sejumlah wartawan di Bekasi, Minggu (13/10/2024).

Iskandar juga mempertanyakan, sejak kapan masyarakat bersumpah kepada calon pemimpinnya. “Ini justru di Kota Bekasi ada fenomena menarik, cakada mengarahkan kepada pendukungnya agar berjanji setia. Bahkan jika melanggar janjinya harus menerima konsekuensi mendapatkan azab Allah,” jelasnya.

“Masa masyarakat yang memiliki hak suara disuruh berjanji. Ini artinya ada kekhawatiran dari Tri Adhianto sendiri karena takut ditinggalkan oleh pendukungnya,” imbuhnya.

Pertanyaan yang mendasar lagi, kata dia, apakah Tri siap menerima azab dari Allah jika melanggar sumpah dan janjinya sebagaimana diamanatkan oleh konstitusi?

Iskandar juga menilai bahwa masyarakat tidak pernah mempermasalahkan siapa yang akan memimpin Kota Bekasi  dalam lima tahun kedepan.

Namun yang diinginkan masyarakat adalah hadirnya calon pemimpin yang amanah, bukan calon pemimpin berkedok “malaikat palsu”.

“Seharusnya yang disumpah itu Tri Adhianto. Apakah dia (Tri) bisa membantah atau menjawab sejumlah tudingan terkait kasus dugaan korupsi yang dilaporkan oleh aktivis antikorupsi ke KPK dan Kejaksaan Agung,” katanya.

Menurut dia, jika pemimpin itu bersih, tak perlu harus menekan pendukungnya untuk mengucap janji setia. Sebab bila calon pemimpin itu amanah dan memenuhi segala janji politiknya, sudah dipastikan bakal dipilih. 
Baca Juga

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Below Post Ad

Lensaislam.com tanpa Iklan?
Yuk Dukung Lensaislam.com dengan menjadi SPONSOR atau DONATUR. Rekening Donasi: Bank Jago Syariah 502891665514 a.n. Lensaislamcom (Ridho Handika), Konfirmasi Donasi: 0819-4779-1352

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram Lensaislam.com, Klik : WA Grup & Telegram Channel

Copyright © 2023 - Lensaislam.com | All Right Reserved