Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Menteri Keuangan Israel: Masa Depan Israel adalah Memperluas Wilayah hingga Damaskus


Lensaislam : Menteri Keuangan Israel, Bezalel Smotrich, baru-baru ini mengungkapkan ambisinya untuk menciptakan negara Yahudi yang tidak hanya mencakup seluruh wilayah Palestina, tetapi juga meluas hingga ke Suriah. 

Pernyataan ini mencerminkan sikap provokatif mengenai kemungkinan Israel untuk mewujudkan proyek "Israel Raya".

Dalam pernyataannya, Smotrich menegaskan pentingnya mengakui hak Israel atas wilayah-wilayah tersebut. Ambisi ini dapat menimbulkan ketegangan lebih lanjut di kawasan yang sudah rentan terhadap konflik.

“Saya menginginkan sebuah negara Yahudi, yang berhukum sesuai dengan nilai-nilai orang Yahudi”. Ia kemudian ditanya apakah Israel bermaksud memperluas kedaulatannya yang saat ini “dimulai di laut [Mediterania] dan berakhir di sungai [Yordania]”, yang ditanggapinya dengan tersenyum dan berkata “oke, sedikit demi sedikit,” ujar Smotrich seperti dilansir dari Middle East Monitor, Ahad, (13/10/2024).


Smotrich menyatakan bahwa “tertulis bahwa masa depan Yerusalem akan meluas hingga Damaskus”, seraya menambahkan dengan nada mengancam “hanya Yerusalem, hingga Damaskus”. 

Pernyatannya tersebut kemudian mengkonfirmasi rencana menteri keuangan Israel – dan rencana ekstremis dan sayap kanan Israel lainnya – untuk memperluas status kenegaraan Israel hingga ke Yordania, Lebanon, Mesir, Suriah, Irak, dan Arab Saudi, atau yang disebut dengan proyek "Israel Raya".

Sejumlah pihak telah mengkritik pernyataan ini, dengan kekhawatiran bahwa upaya untuk memperluas wilayah Israel dapat mengabaikan hak-hak dan aspirasi rakyat Palestina serta menambah kompleksitas konflik yang telah berlangsung lama di Timur Tengah.

Pernyataan Smotrich juga mencerminkan perubahan dalam pendekatan pemerintah Israel terhadap isu-isu territorial, dengan semakin mengedepankan agenda nasionalis. 

Hal ini berpotensi menambah tantangan bagi proses perdamaian di kawasan, yang sudah menghadapi berbagai kesulitan dalam mencapai kesepakatan yang adil dan berkelanjutan. ***

Sumber : Middle East Monitor | Weblink : https://www.middleeastmonitor.com/20241013-smotrich-israels-future-is-to-expand-to-damascus/

Redaktur : Hermanto Deli | Indonesian Islamic News Agency (IINA)
Baca Juga

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Below Post Ad

Lensaislam.com tanpa Iklan?
Yuk Dukung Lensaislam.com dengan menjadi SPONSOR atau DONATUR. Rekening Donasi: Bank Jago Syariah 502891665514 a.n. Lensaislamcom (Ridho Handika), Konfirmasi Donasi: 0819-4779-1352

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram Lensaislam.com, Klik : WA Grup & Telegram Channel

Copyright © 2023 - Lensaislam.com | All Right Reserved